Becak Vespa Unik dari Padangsidimpuan

Pak Gatot sedang mengendarai becak vespa Padangsidimpuan

Tidak afdhol rasanya bila berkunjung ke Padangsidimpuan tapi tidak merasakan sensasi berkendara dengan becak khas Padangsidimpuan ini. Bila biasanya becak selalu disandingkan dengan motor (betor) dikebanyakan daerah seluruh Indonesia, maka berbeda dengan Padangsidimpuan. Kota ini memiliki becak yang bersandingkan vespa. Inilah salah satu daya tarik wisata di kota Padangsidimpuan.

Becak vespa tersebar disetiap sudut kota Padangsidimpuan. Mau itu dipasar, di pajak, di poken, persimpangan, sekolah, kampus, tempat wisata kolam renang sampai simpang gang para driver becak Padangsidimpuan selalu standby dan setia menunggu para ibu-ibu yang ingin bepergian. Dengan sensasi yang tidak akan didapat dikota manapun di dunia, Padangsidimpuan memiliki 'identitas' diri dimata para masyarakat kota atau luar kota khususnya.

Team MTMA saat naik becak vespa



Becak vespa unik ini dapat menampung maksimal 3 orang. Design tubuh yang agak condong kedepan membuat Anda dapat berselonjor (meluruskan kaki kedepan) agar lebih rileks saat berkendara.

Becak vespa adalah kendaraan yang cukup nyaman untuk dipakai berkendara. Dengan ciri khas suara vespanya yang dijamin Anda tidak akan pernah lupa setelah turun darinya. Becak vespa memiliki 4 roda (1 ban serap) dengan vespa tahun 80-an sebagai mesinnya. Kalau dikota lain biasanya vespa dijadikan barang antik dan dirawat dengan baik, lain hal di kota ini. Jangan heran kalau banyak vespa antik yang seharusnya sudah pensiun masih beroperasi di Padangsidimpuan. hehe


Pengendara becak vespa di Jl Merdeka

Pada pergelaran PRSU 2017 (Pekan Raya Sumatera Utara) April 2017 lalu,  becak vespa dipajang lengkap dengan hiasan pita disekelilingnya untuk memperkenalkan moda transportasi khas kota Padangsidimpuan ini. Becak vespa berwarna biru gelap terlihat unik dan menarik terparkir didepan STAND AREA Padangsidimpuan. 

becak vespa padangsidimpuan
Becak vespa yang dipajang dipergelaran PRSU 2017 di Medan

becak vespa padangsidimpuan
Becak vespa yang dipajang dipergelaran PRSU 2017 di Medan


Namun sayangnya, profesi sebagai driver becak sampai saat ini masih dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Apalagi kurangnya perhatian pemerintah kota pada moda transportasi unik yang hanya ada '1 di dunia' ini. Sehingga kehidupan para driver becak vespa Padangsidimpuan tak banyak yang termasuk golongan berkecukupan. Padahal moda transportasi becak vespa Padangsidimpuan dapat menjadi salah satu daya tarik wisata yang sangat baik bagi kota Padangsidimpuan sendiri. Kita contohkan saja Bendi di Minangkabau, Bemo di Jakarta dan Becak Dayung di Jogjakarta.

Mudah-mudahan para driver becak vespa di kota Padangsidimpuan lebih diperhatikan oleh pemerintah kota kedepannya agar ciri khas yang melekat pada kota ini tidak hilang begitu saja.

Amiiin..


Oleh-oleh khas padangsidimpuan
Pergelaran PRSU 2017 Padangsidimpuan

Post a Comment

0 Comments