Informasi Penerimaan CPNS: Untuk Padangsidimpuan, Lulusan SMA/SMK ada berapa formasi?


Ujian CBT CPNS 2018
Ujian CBT Seleksi CPNS


Pada tahun 2018 mungkin adalah tahun dimana penerimaan CPNS terbanyak sejak tahun 2000-an. Pada tahun ini dibuka sekitar 200.000 formasi untuk CPNS dari berbagai bidang. Kesehatan dan Pendidikan adalah bidang yang paling banyak membuka formasi. Yakni sekitar 100.000 formasi. Jadi untuk teman-teman lulusan S-1 Keguruan atau S-1 Keperawatan, D-III dan masih dalam bidang kesehatan, siap-siap tanggal 26 September 2018 besok pendaftaran sudah mulai dibuka untuk seluruh formasi. Alangkah lebih baik bila teman-teman siapkan berkas sejak awal agar tidak keteteran nantinya.

Informasi tentang Penerimaan CPNS 2018 dapat diakses melalui website resmi Badan Kepegawaian Negara https://sscn.bkn.go.id . Namun, karna banyak sekali formasi yang dibuka, dan menurut saya sistemnya masih kurang sempurna karna belum mendukung penyortiran data sehingga kita harus melihat satu persatu formasi yang cocok dengan jurusan kita. Jadi saya ingin membantu mencari informasi lengkap mengenai CPNS dari berbagai sumber.

Alhamdulillah saya telah menemukan rangkuman informasi yang cukup kompleks tentang penerimaan CPNS 2018 yang sudah disajikan temen-temen dari @visit_sidimpuan di bio akun instagramnya. Dibawah akan saya sertakan link-nya.

Kantor Walikota Padangsidimpuan
Kantor Walikota Padangsidimpuan


Nah, masuk ke inti pembahasan.

Sebenarnya ada berapa formasi yang dibuka untuk kota Padangsidimpuan?

Dengan berat hati saya katakan dari beberapa sumber yang saya dapat, formasi untuk kota Padangsidimpuan, zero alias nol.

Lah kenapa?

Jadi sedikit saya jelaskan, dalam surat yang disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 2018 disebutkan bahwa tidak ada penerimaan bagi Pemda yang belanja pegawainya tidak di bawah 50 persen. Untuk mengajukan formasi CPNS, kebutuhan belanja pegawainya harus dibawah 50 persen dilengkapi surat keterangan ketersediaan anggaran untuk gaji, diklat prajabatan, diklat pembentukan jabatan fungsional, formasi yang diusulkan harus sesuai dengan data pada menu usulan formasi.

Karena kebutuhan belanja pegawai Pemko Padangsidimpuan diatas 50 persen sehingga Pemko Padangsidimpuan tidak mendapatkan jatah CPNS 2018. Saat ini jumlah PNS Pemkot Padangsidimpuan, mencapai 4005 orang dimasing-masing OPD kedinasan, terangnya.

Komisi I DPRD Kota Padangsidimpuan, Wildan Lubis menjelaskan bahwa tahun ini penerimaan CPNS untuk Kota Padangsidimpuan belum berpihak karena belanja pegawai mencapi 58 persen. Hal itu menyebabkan Pemko Padangsidimpuan belum menerima pegawai baru akibat biaya belanja pegawai yang tinggi tersebut.

Nah, sudah tahu kan? Tapi jangan berkecil hati dulu, karena walaupun Pemko Padangsidimpuan tidak mendapat jatah CPNS 2018 bukan berarti teman-teman gak bisa mendaftar sebagai CPNS ditahun 2018 ini. Teman-teman masih bisa ambil di wilayah sekitar Padangsidimpuan lainnya.

Seperti Sibolga;
Formasi CPNS Kota Sibolga
Formasi CPNS Kota Sibolga
Padang Lawas Utara;


Formasi CPNS Kabupaten Padang Lawas Utara
Formasi CPNS Kabupaten Padang Lawas Utara

Dan beberapa pemko/pemkab lain.

Selain itu, buat temen-temen lulusan SMA. Diantara Kementrian yang membuka formasi untuk lulusan SMA. Yaitu:

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) 
Menawarkan lowongan pada seleksi CPNS 2018 sebanyak 2.000 formasi. Dari jumlah tersebut, formasi terbesar yakni untuk luluan SMA/Sederajat sebanyak 878 orang. Dimana terdiri dari 211 wanita, 633 pria, putra/putri Papua sebanyak 34 orang. Mengenai persyaratan lebih lanjut, silakan mengakses

2. Kejaksaan Agung Kejaksaan Agung
Membuka lowongan CPNS 2018 sebanyak 896 formasi untuk berbagai lulusan. Sementara untuk lulusan SMA/Sederajat, Kejaksaan Agung membuka 309 formasi untuk jabatan pengawal tahanan/narapidana. Mengenai persyaratan lebih lanjut, dapat mengakses https://rekrutmen.kejaksaan.go.id 

3. Badan SAR Nasional Badan SAR Nasional (Basarnas) 
Membuka sebanyak 176 formasi pada seleksi CPNS 2018. Dari jumlah tersebut, 25 formasi dibuka khusus untuk pelamar lulusan SMA maupun SMK Pelayaran Teknika. Untuk SMA, ada beberapa kriteria khusus karena akan ditempatkan sebagai anak buah kapal (ABK) yang terdiri dari Juru Mudi (ANT-D), Juru Minyak (ANT-D), Kelasi (ANT-D), Masinis Kapal (ATT-III), Mualim Kapal (ANT-IV) yang harus melampirkan fotokopi sertifikat keahlian yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan tersebut. Sementara untuk lulusan SMK Pelayaran Teknika yakni sebagai Markonis. Mengenai persyaratan lebih lanjut, dapat mengakses http://www.basarnas.go.id/artikel/pengumuman-cpns-badan-nasional-pencarian-dan-pertolongan-2018 

4. Kementerian Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) 
Mnyediakan 210 formasi untuk seleksi CPNS 2018 ini. Dari jumlah tersebut, 20 formasi untuk jabatan pekerja sosial pemula ditunjukkan bagi lulusan SMK Pekerjaan Sosial/ Keperawatan Sosial. Mengenai persyaratan lebih lanjut, dapat mengakses https://cpns.kemsos.go.id/index.php/home/index/default


Temen-temen harus giat cari informasi serta data yang temen-temen butuhkan. Seperti kata pepatah bilang; "Nabung informasi adalah investasi yang tiada kerugian melakukannya". Tapi jangan sampai ngarahnya ke gosip yaa.

Untuk teman-teman yang belum tahu alur pendaftarannya, berikut saya sajikan sign-image pendaftaran penerimaan CPNS 2018

Alur Pendaftaran CPNS 2018
Alur Pendaftaran CPNS 2018


Bagi teman-teman yang belum tahu formasi apa saja yang dibuka dan ingin tahu banyak informasi tentang penerimaan CPNS 2018, coba cek link berikut: KLIK DISINI!!

Terimakasih, semoga bermanfaat

Post a Comment

1 Comments