31 Pekerja Jalan Trans Papua Tewas Terbunuh oleh Kelompok Militan Separatis


Organisasi PApua Merdeka (OPM)
Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Sekelompok orang bersenjata di provinsi Papua telah menewaskan sebanyak 31 pekerja konstruksi yang dibawa dari luar pulau untuk membantu membangun jalan raya.

Polisi mengaitkan serangan itu dengan kelompok separatis yang telah lama meminta Papua untuk merdeka. Pembunuhan itu dilakukan 2 kali, dimulai pada hari Minggu dengan penembakan 24 pekerja.

Menteri Pekerjaan Umum Indonesia, Basuki Hadimuljono, mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa, pembangunan jalan lintas Papua akan diberhentikan sementara selama pihak berwenang menyelidiki pembunuhan di distrik Nduga, daerah pegunungan dekat pusat provinsi.

Lokasi terjadinya penembakan 24 pekerja jalan lintas Papua
Lokasi terjadinya penembakan 24 pekerja jalan lintas Papua


Sejak rabu, para petugas kepolisian dan TNI sudah menuju tiitik terjadinya pembunuhan.

Personil TNI menuju tempat terjadinya penembakan

Papua, provinsi di Indonesia yang bersebelahan langsung dengan negara Papua Nugini, adalah wilayah yang sangat luas dan belum semua wilayah tersentuh campur tangan pemerintah padahal Papua memiliki sumber daya minyak, mineral dan kayu yang sangat besar.


Gerakan Papua Merdeka, yang dikenal dengan singkatan O.P.M., dikenal dengan kelompok separatis yang menyatakan tujuan untuk memerdekakan Papua yang sejatinya telah berdiri sebagai negara sendiri pada tahun 1961 namun di-aneksasi oleh Indonesia pada tahun 1969.

Bobby Anderson, seorang peneliti di School of Oriental and African Studies di London dengan pengalaman bertahun-tahun di Papua, mengatakan bahwa separatis tidak asing di daerah Nduga, di mana kekerasan klan adalah hal biasa.

Dia mengatakan penduduk setempat yang ingin memeras uang sering menargetkan para pekerja konstruksi, yang dilihat sebagai orang luar.


Terletak di ujung timur, Papua adalah provinsi terbesar di Indonesia, tetapi Indeks Pembangunan Manusianya adalah yang terendah, ukuran harapan hidup, pendidikan, dan pendapatan juga demikian.

Papua
Peta Indonesia. Papua adalah wilayah paling Timur Indonesia


Papua adalah tempat penambangan Grasberg, tambang emas terbesar di dunia, yang telah lama dijalankan oleh perusahaan Amerika, Freeport-McMoRan. Setelah bertahun-tahun mendapat tekanan dari Indonesia, perusahaan sedang dalam proses menjual saham agar tambang menjadi milik perusahaan yang dikelola negara.

PT Freeport Indonesia
PT Freeport Indonesia

Para pejabat mengatakan sebagian besar pekerja konstruksi dibawa dari pulau Sulawesi untuk membangun jembatan yang merupakan bagian dari jalan raya trans-Papua.

Hingga 2015, Indonesia memiliki program pemukim yang bergerak dari daerah-daerah padat ke daerah yang berpenduduk lebih sedikit, kebijakan ini sangat membantu mengkonsolidasikan kontrol politik. Yang menyebabkan bentrokan di beberapa lokasi, terutama pembantaian ratusan pemukim Madura oleh pemburu Dayak di pulau Kalimantan pada awal 2000-an.

Negara harus berlaku adil dalam pembangunan seluruh wilayah Indonesia, karena bila tidak akan terjadi ketimpangan seperti di wilayah timur.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments